Monday, November 17, 2014

Perawatan Personal Computer


Perawatan PC atau Maintenance Komputer adalah suatu bentuk kegiatan yang ditujukan untuk menangani masalah-masalah yang terdapat pada komputer. Secara garis besar maintenance computer terbagi atas dua bagian yaitu :
1. Maintenance softwar


Adalah perawaatan PC dari segi software seperti Update antivirus, program aplikasi, system operasi, dan file-file lainnya. Selain itu untuk menjaga kinerja system kita harus rutin melakukan scan disk, disk defragment, menghapus temporary file, mengosongkan recycle bin

2. Maintenance hardware 
adalah perawatan yang meliputi perawatan teknis terhadap semua bagian perangkat keras dari computer mulai dari pembersihan bagian CPU, monitor, perangkat input, dan perangkat cetak atau output.

Tujuan melakukan perawatan komputer
Kegiatan Maintenance komputer ditujukan untuk menjaga kesinambungan operasional dan kinerja dari unit computer yang digunakan. Kegiatan maintenance komputer harus dilakukan secara berkala sesuai dengan kebijakan masing-masing pengguna. Alasan dilaksanakan perawatan computer adalah karena computer rentan terhadap masalah virus, kekotoran hardware, dll. Sehingga perlu memastikan semua komponen komputer berjalan dengan baik.


Terimakasih, semoga bermanfaat :) 

 

1 comment: